PENYAKIT & PENGOBATAN | Diposting Pada 22 Feb 2019
Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks)

KANKER LEHER RAHIM (KANKER SERVIKS)

Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali yang dapat merusak jaringan sekitarnya dan dapat bersifat mematikan. Kanker leher rahim adalah keganasan yang terjadi berasal dari sel leher rahim. Leher rahim adalah bagian terendah / mulut rahim. Penyebab Kanker Leher Rahim adalah  Virus Human Papilloma (HPV) merupakan penyebab hampir seluruh kasus kanker leher rahim.

Faktor Resiko Kanker Leher Rahim

  • Perempuan aktif seksual sebelum 20 tahun
  • Berganti pasangan seksual
  • Penurunan kekebalan tubuh
  • Adanya keluarga yang memiliki riwayat kanker
  • Riwayat Penyakit menular seksual
  • Perokok aktif/pasif
  • Riwayat Pap smear / IVA +

Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

  1. PAP SMEAR  : Dengan sikat khusus diambil sel-sel rahim dan dioleskan ke kaca objek untuk laboratorium dan hasil didapat 1 minggu s/d 1 bulan. Posisi saat pemeriksaan dengan berbaring dan petugas kesehatan memasukkan alat speculum agar seluruh area leher rahim dapat terlihat.
  2. TES IVA :  Posisi pemeriksaan dengan berbaring dan petugas kesehatan mengoleskan asam asetat (cuka) yang diencerkan (3-5%) ke leher rahim hasil dapat diketahui langsung saat pemeriksaan dan biaya lebih murah.

"Jika hasil positif apakah sudah menderita Kanker leher rahim ? Hasil positif menunjukkan adanya luka prakanker dan jika tidak diobati akan menjadi kanker leher rahim setelah
3-17 tahun kemudian".

Cara Pencegahan Kanker Leher Rahim

  1. Konsumsi gizi seimbang mengandung banyak Vit C, A, dan asam folat
  2. Tidak berganti pasangan seksual (baik istri maupun suami)
  3. Tidak melakukan hubungan seksual sebelum berumur 2o tahun
  4. Vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV).

Hampir 100% infeksi HPV ditularkan melalui hubungan seksual. hampir setiap 1-10 perempuan yang terinfeksi (10%nya) mengalami perubahan luka pra kanker menjadi kanker leher rahim dalam 2-3 tahun setelah infeksi jika tidak diberikan pengobatan.

Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks).pdf
Share This:
Facebook Twitter Youtube Whatsapp