PENYAKIT & PENGOBATAN | Diposting Pada 22 Feb 2019
KANKER PAYUDARA

KANKER PAYUDARA

Kanker Payudara merupakan keganasan sel-sel pada jaringan payudara. Pada umumnya kanker ini ditandai dengan munculnya benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara. Kanker Payudara umumnya terbagi dalam dua kategori yaitu invasif dan non-invasif.

  • KANKER PAYUDARA INVASIF  :  adalah kanker payudara yang berkembang pada sel-sel pembentuk saluran payudara atau disebut duktal invasif. Pada jenis kanker ini dapat menyebar di luar payudara. 
  • KANKER PAYUDARA NON-INVASIF :  Biasanya ditemukan melalui mamografi karena jarang menimbulkan benjolan. Jenis ini sering disebut pra-kanker.

Gejala Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara bisa dideteksi sendiri dengan melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri)

  1. Amati dengan teliti payudara Anda di muka cermin, tanpa berpakaian dengan kedua tangan di angkat ke atas kepala.   Perhatikan bila ada benjolan, perubahan bentuk pada kulit dan puting, serta payudara secara keseluruhan Amati dengan teliti, Anda sendiri yang mengenal tubuh Anda.
  2. Rapatkanlah telapak tangan dengan kuat sehingga payudara menonjol ke depan dan amati kembali apakah ada benjolan, kulit mengerut seperti kulit jeruk atau cekungan seperti lesung pipi dan puting susu yang tertarik ke dalam.
  3. Pencet dan urutlah pelan-pelan daerah di sekitar puting sampai ke arah ujung puting dan amatilah apakah keluarcairan yang tidak normal, seperti putih kekuning-kuningan yang terkadang bercampur darah seperti nanah. Pada wanita menyusui, bedakan dengan ASI.
  4. Pada posisi berbaring letakan bantal di belakang punggung.Tangan kanan diletakkan di belakang kepala, dan gunakan tangan kiri untuk memeriksa payudara sebelah kanan.
  5. Rabalah dengan ujung dari tiga jari tengah yang dirapatkan. Lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut tetapi mantap, dimulai dari pinggir luar sampai ke puting dengan mengikuti arah putaran jarum jam.
  6. Lakukan hal yang sama seperti pada gambar 4 dan 5, tetapi dengan tangan kiri di bawah kepala, sedang tangan kanan meraba payudara kiri Anda.

Gejala Kanker Payudara bisa juga dideteksi dengan melakukan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis)

"Sekecil apapun benjolan yang ditemukan segera konsultasikan diri Anda ke Dokter. Menunda berarti memberi kesempatan sel kanker berkembang dan mengurangi kesempatan untuk sembuh".

Faktor Risiko Kanker Payudara :

  1. Haid pertama pada usia di bawah 12 tahun
  2. Wanita yang tidak menikah
  3. Wanita menikah tetapi tidak memiliki anak
  4. Melahirkan anak pertama pada usia 30 Tahun
  5. Tidak menyusui
  6. Menggunakan kontrasepsi hormonal dan atau mendapat terapi hormonal dalam waktu yang cukup lama
  7. Menopause pada usia lebih dari 55 tahun
  8. Pernah operasi tumor jinak payudara
  9. Riwayat kanker dalam keluarga
  10. Wanita yang mengalami stres berat
  11. Konsumsi lemak dan alkohol berlebih
  12. Perokok aktif dan pasif.
KANKER PAYUDARA.pdf
Share This:
Facebook Twitter Youtube Whatsapp