INFORMASI | Diposting Pada 26 Dec 2018
Lap Triwulan PMKP RS Unand Periode Juli - September 2018

Laporan PMKP RS Unand 2018

Rumah Sakit Universitas Andalas telah menetapkan untuk mengikuti program Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 tahun 2018 yang dilenggarakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada tahun 2018 ini. Salah satu penilaian dalam kelompok standar manajemen rumah sakit dari program akreditasi SNARS Edisi 1 tahun 2018 adalah peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan pasien dan menjamin keselamatan pasien maka Rumah Sakit Universitas Andalas mempunyai program peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang menjangkau ke seluruh unit kerja yang terkait yang nantinya dipakai sebagai ukuran kinerja pelayanan RS dan sebagai manajemen kontrol untuk pengambilan keputusan.

Direktur Rumah Sakit Universitas Andalas bersama sama dengan pimpinan pelayanan dan pimpinan manajemen memilih dan menetapkan pengukuran mutu di setiap unit pelayanan ataupun unit kerja dan menetapkan mutu pelayanan prioritas Rumah Sakit Universitas andalas periode tahun 2018. Berdasarkan hasil rapat koordinasi Direktur RS Universitas Andalas, Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) RS Universitas Andals dan pimpinan – pimpinan unit pelayanan dan unit kerja di RS Universitas Andalas maka ditetapkan 46 indikator mutu yang dilakukan pengukuran mutu. Dari total 46 indikator mutu yang telah ditetapkan terdiri dari 12 indikator mutu nasional ,8 indikator mutu prioritas RS yaitu pelayanan Onkologi Radioterapi, 3 indikator mutu peserta didik sisanya adalah indikator mutu Sasaran Keselamatan Pasien dan Indikator mutu unit. Dalam proses pengukuran semua indikator mutu RS Universitas Andalas ini dikelompokkan menjadi 3 yaitu indikator mutu area klinis , indikator mutu area manajemen dan indikator mutu keselamatan pasien. Setiap indikator dibuat profil indikatornya oleh komite PMKP bekerja sama dengan unit terkait. Pengumpulan data dilakukan oleh PIC data unit terkait. Pemantauan da

ta dilakukan oleh unit kerja / instalasi masing masing yaitu supervisi oleh kepala instalasi / unit. Selain pemantauan yang dilakukan oelh instalasi / unit kerja masing masing, pemantauan juga dilakukan melalui program validasi data oleh anggota komite PMKP.
Validasi data dilakukan oleh anggota komite PMKP dengan cara melakukan validasi terhadap 20% sampel. Penetuan jumlah sampel yang akan dinilai dilakukan dengan systematic random sampling yaitu jumlah populasi dibagi mumlah sampel hasilnya dijadikan kelipatan dalam pengambilan sampel. Dilakukan analisa dengan sumber data tentang indikator yang divalidasi. Hasil validasi dibandingkan dengan hasil analisa kemudian dikali 100%. Apabila didapatkan hasil > 90% maka data dikatakan valid . Target capaian dari indikator mutu yang telah ditetapkan oleh RSUniversitas Andalas diambil dari Kepmenkes no 129 tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, dari capaian / target yang ada di SISMADAK dan dari keputusan Kepala Instalasi / Unit terkait. Laporan hasil analisa data semua indikator mutu RS Universitas Andalas dilakukan oleh unit terkait bekerjasama dengan komite PMKP RS Universitas Andalas.

Data indikator mutu yang telah ditetapkan dikumpulkan oleh Instalasi/ Unit terkait sejak bulan Juli s/d September 2018. Semua data indikator mutu dilakukan analisa dan ditampilkan dalam bentuk grafik-grafik kecuali indikator mutu komite PPRA tidak dilakukan analisa karena sesuai dengan profil indikator dimana data akan dianalisa setelah 1 tahun. Hasil analisa data indikator mutu yang termasuk dalam 12 indikator mutu nasional RS dilakukan banchmarking dengan SISMADAK. Indikator mutu yang akan dilihat perkembangannya dalam laporan ini  adalah 41 indikator mutu, hal ini dilakukan untuk mempersiapkan data yang akurat sejak tahun 2018 dalam melihat perkembangan kualitas pelayanan rumah sakit secara umum sesuai dengan indikator yang ditetapkan.

Laporan PMKP Periode Juli - September 2018

Lap Triwulan PMKP RS Unand Periode Juli - September 2018.pdf
Share This:
Facebook Twitter Youtube Whatsapp