BERITA | Diposting Pada 30 Jul 2018
RS Unand Launching Layanan Radioterapi

 

Senin, 25 Juni 2018 – Rumah Sakit Unand siap memberikan pelayanan radioterapi dengan alat-alat yang canggih bagi masyarakat. Tidak hanya untuk masyarakat Padang, target dari beroperasionalnya Instalasi Radioterapi Rumah Sakit Unand adalah pasien-pasien dari rumah sakit se-Sumatera, terutama Sumatera Barat, Riau, dan Jambi. Peresmian layanan radioterapi ini ditandai dengan penabuhan gendang oleh Wakil Rektor I Universitas Andalas, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt. dan pemotongan pita oleh Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional, Prof. Dr. dr. Soehartati A. Gondhowiardjo, Sp. Rad (K) Onk. Rad. Didampingi oleh direktur utama RS Unand, Dr. dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U.

Radioterapi merupakan metode pengobatan penyakit kanker dengan menggunakan sinar pengion. Metode ini telah diterapkan secara luas diseluruh dunia karena tingginya keefektifan radiasi pengion untuk merusak DNA sel kanker.

Pelayanan Radioterapi ini sudah di fasilitasi dengan alat-alat yang canggih bahkan terbaik di Sumatera yaitu CT Simulator, C-Arm, Brakhiterapi, dan Linac. Masing-masing alat ini digunakan untuk beberapa penyakit kanker, yang mencakup enam penanganan yakni untuk kanker payudara, kanker nasofaring atau leher, kanker mulut rahim atau serviks, penanganan meta tulang, penanganan kanker paru-paru dan brain mata. Dan untuk sekarang ini fasilitas pelayanan radioterapi masih berupa layanan umum namun pada beberapa bulan mendatang akan diintegrasikan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Rumah Sakit Universitas Andalas yang menjadikan onkologi sebagai salah satu bidang unggulannya saat ini telah dilengkapi dengan fasilitas pelayanan radioterapi yang memadai. Dengan tersedianya fasilitas radioterapi yang baik di Rumah Sakit Universitas Andalas diharapkan penatalaksanaan kasus kanker khususnya di Wilayah Sumatera Barat akan lebih komperhensif dan memberi kemudahan akses bagi masyarakat dari daerah untuk mendapatkan pelayanan kanker yang optimal. Hal ini pun disambut sangat baik oleh tim radioterapi Rumah Sakit se-Sumatera karena pasien yang harusnya dikirim ke luar pulau Jawa dapat ditangani di Rumah Sakit Unand. Keberadaan radioterapi di Rumah Sakit Unand juga mendapatkan dukungan langsung dari direktur utama Rumah Sakit M. Djamil, RSCM, dan Rumah Sakit Dharmais.

Pada kesempatan ini Rumah Sakit Unand juga melaksanakan acara seminar mengenai “Peran Instalasi Radioterapi Dalam Pelayanan Onkologi Terpadu di Rumah Sakit Universitas Andalas” dengan 9 pemateri yang diantaranya Prof. Dr. dr. Soehartati A. Gondhowiardjo, Sp. Rad (K) Onk. Rad , Dr. dr. H. Daan Khambri, Sp.B (K)-Onk, M. Kes , dr. Syukri Rahman, Sp.THT-KL (K), FICS , dr. Syamel Muhammad, SpOG (K) , Dr. dr. Sri Mutya Sekarutami, Sp.Rad (K) Onk.Rad , dr. Nana Supriyana, Sp.Rad (K) Onk.Rad , dr. Arie Munandar, Sp. Onk. Rad , dr. Bayu Brahma, Sp.B (K)-Onk dan Sistri Sembodo, SE (kepala BPJS Kesehatan cabang Padang).

Dengan telah diresmikannya instalasi pelayanan radioterapi diharapkan nantinya Rumah Sakit Universitas Andalas dapat memberi manfaat bagi para pasien dengan kasus keganasan.

Contact Information:

Call Center : (0751) 8465000

Hotline : 08116609282

Layanan Radioterapi : 082391253310

RS Unand Launching Layanan Radioterapi.pdf
Share This:
Facebook Twitter Youtube Whatsapp