BERITA | Diposting Pada 27 Aug 2019
Rumah Sakit Unand Raih Berbagai AWARD pada KONAS ke 2 ARSPTN

Assosiasi Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (ARSPTN) kembali mengadakan Konferensi Nasional yang melibatkan seluruh Rumah Sakit Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Rumah Sakit Universitas Andalas yang merupakan salah satu RSPTN turut bergabung pada Konnas  ARSPTN Kedua ini yang berlangsung di Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu pada 22-24 Agustus 2019 dan diikuti oleh 31 rumah sakit.

Konferensi Nasional tahun ini terdiri dari berbagai kegiatan, yaitu kegiatan Seminar, Plenary Lecture, Symposium, Workshop, Call for paper dan Pameran. Pada Konferensi Nasional fokus pembahasan dalam Annual Meeting ARSPTN ke 2, yaitu “STRATEGI MENUJU KEMANDIRIAN RUMAH SAKIT PERGURUAN TINGGI NEGERI di ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN)”.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi strategi dan peluang dalam pengembangan mutu layanan RS Pendidikan dan menyusun rekomendasi untuk mendukung perbaikan operasional Rumah Sakit Pendidikan ke arah yang lebih baik.

Dalam KONAS ke-2 ARSPTN ini tim Rumah Sakit Unand yang ikut menyukseskan kegiatan yaitu, Direktur Utama Dr.dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.u, Direktur Umum dan Sumber Daya Dr.dr. Andani Eka Putra, M.Sc, Kabid Keperawatan Ns. Dally Rahman, M.Kep, Sp.K.MB, Kabid Diklit dr. Putri Yuriandini Yulsam dan Staf Humas Indah Kirana, A.Md

Rumah Sakit Universitas Andalas mendapatkan kesempatan untuk melakukan promosi fasilitas pelayanan rumah sakit melalui booth promosi.

Pada Konas tahun 2019 ini, Rumah Sakit Universitas Andalas menuai berbagai prestasi. Rumah Sakit Unadn berhasil mendapatkan award sebagai Institusi Penyelenggara Pelayanan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri dengan kategori “Tatakelola Sarana dan Prasarana terbaik Tahun 2019”. Pemberian Piagam Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua ARSPTN Prof.Dr. Nasronudin, dr., Sp.PD.,KPTI., FINASIM kepada Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Andalas, Dr. dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U.

Rumah Sakit Unand pun berhasil menuai presetasi  sebagai pemenang Poster Terbaik dengan kategori Penelitian oleh Direktur Umum dan Sumber Daya, Dr. dr. Andani Eka Putra, MSc. Adapun penelitian yang dilakukan terkait berjudul “Analisis Kesesuaian Tarif Rawat Jalan RS. Universitas Andalas Dengan INA-CBG’s tahun 2019” dan “Comparison of Effect Long Term Storage to Gauze Sterility Between One Layer Parchment Paper with Plastic Pouches Packages”   Penelitian ini mengenai perbandingan lama penyimpanan kasa yang dibungkus dengan kertas pekamen dan yang dibungkus dengan menggunakan pouches. Penelitian inimenunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan tentang tingkat sterilisasi antara kedua kasa tersebut dalam lama pemakaian lima bulan.

Penelitian tersebut dilakukan pada rentan satu minggu, dua minggu, tiga minggu, empat minggu, satu bulan, hingga lima bulan di Instalasi CSSD Rumah Sakit Universitas Andalas.

Ke depannya sebagai rumah sakit perguruan tinggi negeri, Rumah Sakit Unand akan terus mengembangkan penelitian yang nantinya dapat memberikan banyak manfaat terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan juga untuk masyarakat.

Semoga dengan prestasi yang diraih pada kegiatan ini semakin memotivasi Rumah Sakit Unand untuk menjadi baik dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan menjalankan Tri Darma perguruan Tinggi sesuai dengan motto “Bekerja dengan Ilmu, Amal, dan Spiritual demi Kemaslahatan Pasien”.

 



Rumah Sakit Unand Raih Berbagai AWARD pada KONAS ke 2 ARSPTN.pdf
Share This:
Facebook Twitter Youtube Whatsapp