BERITA | Diposting Pada 05 Feb 2019
World Cancer Day 2019

Padang, 4 Februari 2019Dalam rangka memperingati Hari Kanker sedunia 2019, Rumah Sakit Universitas Andalas adakan serangkaian kegiatan. Adapun kegiatan yang dilakukan berupa talkshow”, konsultasi kesehatan, serta pembukaan stand makanan sehat. Kegiatan ini dikemas dalam World Cancer Day 2019, I am and I will sesuai dengan tema hari kanker sedunia Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun ini.

Dalam talkshow bertajuk “Bincang Sehat Bersama Pakar” yang dipimpin oleh Direktur Pelayanan Medik dan Keperwatan, Dr.dr. Arina Widya Murni, Sp.PD-K.Psi, FINASIM ini menghadirkan pakar di bidang bedah onkologi dr. Roni Rustam, Sp.B (K) Onk dan Prof. dr. Delmi Sulastri, MS, Sp.GK selaku pakar gizi yang membahas tentang diet yang baik untuk mencegah maupun diet bagi penderita kanker. Selain menghadirkan dua pakar kesehatan, dalam talkshow ini juga menghadirkan seseorang cancer survivor yaitu Yervi Hesna, ST, MT

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat bagi para penderita kanker, khususnya pasien Rumah Sakit Universitas Andalas yang saat ini menjalankan pengobatan. Selain itu, sebagai rumah sakit yang memiliki program unggulan pelayanan onkologi terpadu, Rumah Sakit Unand ingin turut berperan dalam memberikan pengobatan terbaik bagi pasien radioterapi.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga jam ini, turut hadir rekan-rekan dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumbar, komunitas Cancer Information and Support Center (CISC) Padang, serta Love Pink, salah satu organisasi yang berfokus pada kanker payudara.

 

Direktur Utama Rumah Sakit Unand, Dr. dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U dalam sambutannya mengajak untuk melakukan gerakan CERDIK (Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stres) untuk mencegah berbagai penyakit. Dalam kegiatan ini turut hadir Rektor Universitas Andalas, Prof. Tafdil Husni, SE, MBA yang sekaligus membuka kegiatan peringatan hari kanker sedunia ini.

Selanjutnya, sebagai simbolis bentuk dukungan terhadap penderita kanker setiap peserta dan karyawan yang hadir dalam kegiatan ini menggunakan pita berwarna ungu. Pemasangan pita secara simbolis dilakukan kepada beberapa pasien radioterapi Rumah Sakit Unand oleh Rektor Unand, Direktur Utama Rumah Sakit Unand, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan, serta Ibu Sri Dewi Edmawati, SE ,MS, Ak. CA  selaku Direktur Keuangan dan Perencanaan Rumah Sakit Unand yang baru dilantik baru-baru ini.

World Cancer Day pertama kali diresmikan di Janewa, Swiss pada tahun 1933 di bawah arahan Union for International Cancer Control (UICC) dan berbagai komunitas kanker lainnya, lembaga penelitian, pusat perawatan, dan beberapa pejuang kanker. Kanker sendiri merupakan penyakit penyebab kematian terbanyak kedua di Indonesia setelah jantung. Untuk itu setiap 4 Februari diperingati sebagai hari kanker sedunia untuk dapat mengingatkan populasi di dunia akan bahayanya penyakit kanker.

Humas Rumah Sakit Unand

World Cancer Day 2019 .pdf
Share This:
Facebook Twitter Youtube Whatsapp