BERITA | Diposting Pada 20 Mar 2022
World Glaucoma Week 2022 Rumah Sakit Unand

Rumah Sakit Unand Adakan Rangkaian Kegiatan
Peringati World Glaucoma Week 2022

 

World Glaucoma Week diperingati setiap tahunnya pada pekan kedua bulan Maret. Pada tahun ini, World Galucoma Week jatuh pada tanggal 6 s.d. 12 Maret 2022. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian (awareness) masyarakat terhadap bahaya penyakit glaukoma. Tema yang diangkat pada World Glaucoma Week tahun ini yaitu "The World is Bright, Save Your Sight" dengan artian Dunia itu Cerah, Selamatkan Penglihatanmu.

Pada tahun ini Rumah Sakit Unand mengadakan kerangkaian kegiatan dalam memperingati WGW 2022 yang juga bertepatan dengan HUT Ke 5 Rumah Sakit Unand. Kegiatan dimulai dengan Talkshow Seputar Glaukoma dengan menggundang para pakar mata pada Senin, 7 Maret 2022.

Talkshow ini dipandu oleh seorang host yaitu dr. Shaza Belladona yang merupakan dokter intership di Rumah Sakit Unand. Narasumber pada talkshow ini adalah Dr. dr. Havriza Fitresia, Sp.M(K) yang merupakan dokter spesialis mata RS Unand yang juga menjabat sebagai Direktur Umum dan Sumber Daya Rumah Sakit Unand. Selanjutnya dr. Reni Anggraini, Sp.M yang merupakan dokter mata Rumah Sakit Unand dan juga ketua Pelaksana WGW 2022. Talkshow ini juga menghadirkan ketua PERDAMI Sumbar yang juga merupakan konsultan Glaucoma, Dr. dr.Fitratul Ilahi, Sp.M (K). dr. Andrini Ariesti, Sp.M(K) yang merupakan Konsultan Glaucoma dari Bagian mata FK Unand. Talkshow ini juga menghadirkan Ketua Bagian Mata Rumah Sakit Unand, Dr. dr. M. Hidayat, Sp.M (K)

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Utama Rumah Sakit Unand, Dr.dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U (K). Beliau menyampaikan bahwa Rumah Sakit Unand sangat senang dapat bekerja sama dengan PERDAMI Sumbar dan Bidang Mata Fakultas Kedokteran Unand untuk menyelenggarakan rangkaian WGW ini.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Pemeriksaan mata Gratis yang dibuka untuk umum. Di samping itu, juga diadakan kegiatan Pembagian Kacamata Gratis dan Donor Darah

 

Rangkaian kegiatan dilanjutkan pada Kamis, 10 Maret 2022 dengan Webinar “All About Glaucoma “ yang dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama dipandu oleh dr. Rinda Wati, Sp.M (K) dengan Narasumber Dr. dr. Fitratul Ilahi, Sp.M (K), dr. Romi Yusardi, Sp.M, dan dr. Andrini Ariesti, Sp. M(K).

Sedangkan sesi 2 dipandu oleh dr. Naima Lassie, Sp.M yang menghadirkan narasumber dr. Harmen.Sp.M, Dr.dr. Havriza Vitresia, Sp.M(K) dan dr. Reni Anggreini, Sp.M (K). Webinar ini dibuka Gratis untuk dokter umu dan BerSKP – IDI

Rangkaian kegiatan World Glaucoma Week dilanjutkan dengan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis pada 19-20 Maret 2022. Kegiatan ini bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Perdami Sumbar.  Dalam Baksos ini terjaring puluhan mata untuk dioperasi. Pada hari Pertama, dilakukan operasi untuk 14 mata dan dilanjutkan pada Minggu, 20 Maret 2022.

Dengan diadakan rangkaian Kegiatan World Glaucoma Week 2022 ini diharapkan Rumah Sakit Unand dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, baik tenaga medis maupun masyarakat umum dan menyelematkan penglihatan banyak serta memberikan penglihatan yang lebih baik sesuai tema WGW tahun ini, "The World is Bright, Save Your Sight"

 

 

 

World Glaucoma Week 2022 Rumah Sakit Unand.pdf
Share This:
Facebook Twitter Youtube Whatsapp